ORGANISASI dan LEMBAGA PENDIDIKAN DASAR-DASAR ADMINISTRASI
Falsafah organisasi sebagai sekumpulan
prinsip yang berfungsi sebagai pengarah serta sikap yang mendarah daging yang
mampu mengkomunikasikan tujuan, rencana dan berbagai kebijakan serta prinsip
yang tampak pada sikap, perilaku dan tindakan yang berlangsung di seluruh
jenjang organisasi pengambil kebijakan pendidikan. (Dr. H. Syaiful Sagala,
M.Pd., 2007:78)
Lembaga pendidkan adalah suatu wadah untuk
membina manusia, membawa ke arah masa depan yang lebih baik. Setiap orang yang
berada pada wadah tersebut akan mengalami perubahan dan perkembangan menurut
warna dan corak institusi tersebut. Lembaga pendidikan yang dimaksud adalah
lembaga keluarga, sekolah dan masyarakat yang memiliki peranan sangat strategis
yang akan menjadi pusat-pusat kegiatan pendidikan untuk menumbuhkan dan
mengembangkan potensi anak sebagai makhluk individu, sosial, susila dan
religius. Dengan memperhatikan bahwa anak adalah individu yang berkembang, ia
membutuhkan pertolongan dari orang yang telah dewasa, anak harus dapat
berkembang secara bebas, tetapi terarah. Pendidikan harus dapat memberikan
motivasi dalam mengaktifkan anak. ( Marlina Gazali )
Dari pembatasan masalah di atas maka penulis membuat rumusan masalah sebagai berikut :
Apa itu organisasi dan lembaga pendidikan ?
2. Mengapa perlu organisasi dan Lembaga Pendidikan?
3. Bagaimana peran organisasi dan Lembaga Pendidikan?
4. Apa hal-hal yang perlu diperhatikan dalam organisasi dan Lembaga
Pendidikan?
5. Bagaimana kiat-kiat untuk mengatur organisasi dan Lembaga Pendidikan
sehingga proses administrasi dapat terlaksana dengan baik?
Adapun tujuan
pembuatan makalah ini adalah :
1.
Untuk
mengetahui apa pengertian dari organisasi dan lembaga pendidikan.
2.
Untuk
mengetahui mengapa perlu adanya organisasi dan
Lembaga Pendidikan.
3.
Untuk
mengetahui bagaimana peran organisasi dan
Lembaga Pendidikan.
4.
Untuk
mengetahui hal-hal yang perlu diperhatikan
dalam organisasi dan Lembaga Pendidikan.
5.
Untuk
mengetahui kiat-kiat mengatur organisasi dan Lembaga Pendidikan.
BAB II
PEMBAHASAN
A.
PENGERTIAN ORGANISASI DAN LEMBAGA
PENDIDIKAN.
Organisasi
dapat dikatakan sebagai alat untuk mencapai tujuan, oleh karna itu organisasi
dapat dikatakan wadah kegiatan dari pada orang-orang yang bekerjasama dalam
usahanya untuk mencapai tujuan. Di kegiatan itu orang-orang harus jelas tugas,
wewenang dan tanggung jawabnya, hubungan dan tata kerjanya. Pengertian yang
demikian disebut organisasi yang “statis”, karena sekedar hanya melihat dari
strukturnya. Di samping itu terdapat pengertian organisasi yang bersifat
“Dinamis". Pengertian ini organisasi dilihat dari pada sudut dinamikanya,
aktivitas atau tindakan dari pada tata hubungan yang terjadi di dalam
organisasi itu, baik yang bersifat formal maupun informal.
Waldo
yang dikutip oleh Silalahi dalam bukunya “Studi tentang Ilmu Administrasi
Konsep, Teori, dan Dimensi” (2003:124) menyatakan definisi organisasi adalah :
“Organisasi adalah struktur hubungan-hubungan di antara orang-orang berdasarkan
wewenang dan bersifat tetap dalam suatu sistem administrasi”.
Organisasi
merupakan sistem yang saling berkaitan dalam kebulatan (Sutarto, 1998:40).
Organisasi dalam pengertian lain dikemukakan oleh SB Hari Lubis (1987:1), bahwa
terdapat kesamaan pengertian dari keseluruhan definisi organisasi yaitu pada
dasarnya organisasi sebagai suatu kesatuan sosial dari sekelompok manusia yang
saling berinteraksi menurut suatu pola tertentu sehingga setiap anggota
organisasi memiliki fungsi dan tugasnya masing-masing, yang sebagai suatu
kesatuan mempunyai tujuan tertentu dan mempunyai batas-batas yang jelas,
sehingga dapat dipisahkan secara tegas dari lingkungannya. Organisasi dipandang
pula sebagai satuan sosial yang dikoordinasi secara sadar, yang tersusun atas
dua orang atau lebih, yang berfungsi atas dasar yang relatif terus- menerus
untuk mencapai suatu tujuan atau seperangkat tujuan bersama (Robbins, 1996:5).
Lembaga
Pendidikan merupakan suatu tempat atau wadah dimana proses pendidikan
berlangsung yang dilaksanakan dengan
tujuan untuk mengubah tingkah laku seseorang ke arah yang lebih baik melalui
interaksi dengan lingkungan sekitar serta wawasan dan pengetahuan yang
diperoleh. Sehingga didalamnya memuat nilai nila yang akan disampaikan oleh
pendidik demi mencapai suatu tujuan tertentu.
Drs.
H. Abu Ahmadi & Dra. Nur Uhbiyati menjelaskan bahwa lembaga pendidikan
merupakan suatu badan usaha yang bergerak & bertanggung jawab atas
diselengarakannya pendidikan yang diijalankan oleh para pendidik dan peserta
didik.
Hasbullah:
Mengemukakan bahwa lembaga pendidikan merupakan wadah atau tempat
berlangsungnya sebuah proses pendidikan yang terdiri pendidikan keluarga,
sekolah dan masyarakat.
Enung K.
Rukiyati dkk: Lembaga pendidikan ialah tempat atau wadah dimana proses
pendidikan berlangsung secara bersamaan dengan proses kebudayaan.
B.
PERLUNYA ORGANISASI DAN LEMBAGA PENDIDIKAN
Secara umum dapat di simpulkan bahwa
organisasi adalah sekolompok orang yang saling berkerja sama untuk mencapai
tujuan Bersama. Sehingga organisasi juga sebagai Lembaga sosial yang terdiri
atas sekumpulan orang dengan berbagai pola interaksi namun memiliki tujuan yang
sama yang telah ditentukan. Serta orang didalamnya dapat berperilaku dalam
suatu strukutur organisasi. Organisasi adalah sekumpulan dari
orang-orang yang memiliki satu tujuan tertentu. Karena memiliki tujuan
tertentu, maka organisasi juga mengatur orang-orang yang menjadi anggota dengan
berbagai macam usaha dan kegiatan untuk mewujudkan tujuan tersebut. Dalam
kehidupan sehari-hari, organisasi menjadi sebuah kebutuhan nyata bagi manusia.
Manusia sebagai mahluk sosial tidak dapat berdiri sendiri untuk menjalankan
kehidupannya. Kesehariaannya akan selalu bersinggungan dengan manusia yang
lain. Persinggungan tersebut dapat menguntungkan (kerja sama) dan dapat pula
merugikan (menghisap/menindas). Agar terjadi persatuan yang erat dari kelompok
(golongan) manusia yang memiliki kepentingan (tujuan) yang sama, maka manusia
tersebut harus membentuk organisasi sebagai wadah persatuan dan kekompakan.
Organisasi yang akan mengatur (memimpin) usaha-usaha golongan tersebut agar
terwujud tujuannya.
Lembaga Pendidikan secara umum
berfungsi untuk membentuk dan membina bentuk-bentuk dengan tingkah laku
tertentu dalam keadaan tertentu, maka lembaga-lembaga pendidikan menghendaki
perlakuan tertentu pula.
C.
PERAN ORGANISASI DAN LEMBAGA PENDIDIKAN
Organisasi didirikan untuk
mencapai suatu tujuan tertentu dan untuk mencapai tujuan tersebut dibutuhkan
aktifitas, kerja sama, dan tentu saja orang yang melakukan aktifitas tersebut
atau sumber daya manusia yang ketiga unsur ini terdapat dalam sebuah organisasi.
Sedangkan Lembaga Pendidikan
berperan sebagai tempat atau wadah dimana orang-orang berkumpul, bekerjasama
secara rasional dan sistematis, terencana, terorganisasi, terpimpin dan
terkendali, dalam memanfaatkan sumber daya, sarana-parasarana, data, dan lain
sebagainya yang digunakan secara efisien dan efektif untuk mencapai tujuan Pendidikan.
D.
HAL-HAL YANG PERLU DIPERHATIKAN DALAM ORGANISASI
DAN LEMBAGA PENDIDIKAN
Ada beberapa hal penting yang perlu diperhatikan
demi kelancaran jalannya sebuah organsisasi tersebut, antara lain:
1.
Sebuah
organisasi harus memiliki pimpinan dan bawahan,
2.
Perlu adanya
kerja sama dan koordinasi yang baik,
3.
Memiliki Visi
dan Misi yang menjadi tujuan organisasi,
4.
Adanya
pembagian tugas dengan baik pada para anggotanya,
5.
Memahami
mekanisme proses pelaporan dari anggota paling bawah sampai kepada pimpinan
yang paling atas. Dengan kata lain, anggota paling bawah tidak diperkenankan
memberikan laporan langsung kepada peminpin organsiasi paling atas tetapi wajib
melalui kepala bagian (coordinator) masing-masing bidang.
Apabila beberapa ketentuan di
atas dapat dipahami dan dijalankan dengan baik, maka sebuah organisasi bidang
apapun akan mampu menjalankan tanggung jawabnya dengan baik sehingga tujuan
organisasi mampu dicapai secara maksimal.
Hal hal yang perlu diperhatikan
dalam Lembaga Pendidikan:
1.
Melaksanakan
kegiatan belajar-mengajar kepada peserta didik, baik di keluarga, sekolah,
maupun lingkungannya.
2.
Melaksanakan
kegiatan pendidikan sesuai dengan jenjang pendidikan dan kurikulum yang
berlaku.
3.
Memberikan
bimbingan konseling kepada para peserta didik.
4.
Membina
kerjasama yang baik antara pihak sekolah dengan orang tua, serta masyarakat.
E.
KIAT-KIAT MENGATUR ORGANISASI DAN LEMBAGA
PENDIDIKAN SEHINGGA DAPAT TERLAKSANA ADMINISTRASI DENGAN BAIK
kiat-kiat mengatur organisasi antara lain:
A.
Mengenali orang
yang akan diajak berorganisasi dan lingkungan organisasi
Suatu organisasi tidak dapat disebut organisasi apabila didalamnya
terdiri dari satu individu saja. Mengenali orang di sekitar kita penting,
bagaimana kepribadiannya, apakah dia suka tantangan serta hal-hal yang baru.
Selanjutnya, apakah orang tersebut suka bekerjasama dalam kelompok. Setiap
orang memiliki pribadi yang berbeda-beda, ada yang suka bekerja sendiri,
adapula yang suka bekerja dalam satu tim. Orang yang suka bekerjasama dalam
satu tim dapat dimasukkan dalam daftar.
B.
Membuat nama
organisasi
Nama menjadi hal yang sangat penting dalam sebuah organisasi.
Memberikan nama pada sebuah organisasi gampang-susah, harus disesuaikan dengan
tujuan organisasi.
C.
Menyusun
kegiatan
Dalam hal ini, kegiatan apa saja yang akan dilakukan selama organisasi
ini berjalan atau akan menjadi organisasi yang monoton. Penyusunan kegiatan
dapat dikerjakan melalui rapat. Kegiatan jangan berbelit-belit, sesuai dengan
arah dan tujuan organisasi.
D.
Membagi
pekerjaan
Masing-masing anggota inti dalam organisasi memiliki pekerjaan
berbeda-beda. Pekerjaan berbeda ini, selanjutnya digabung menjadi kesepahaman.
Ketua dan sekretaris memiliki pekerjaan yang berbeda, kemudian menjadi gabungan
yang saling terkait. Ketua dan sekretaris bekerjasama dalam pencatatan hasil
rapat.
E.
Melaksanakan
kegiatan
Ketika semua yang dibutuhkan telah terpenuhi, saatnya melaksanakan
kegaitan. Misalnya, pertemuan pertama diadakan.
F.
Memiliki
hubungan yang luas dengan pihak tertentu
Hubungan dengan pihak tertentu sangat penting demi kelancaran
organisasi, pihak lain akan sangat membantu. Organisasi bekerjasama dengan
pihak lain memiliki keuntungan yang sama. Misalnya, organisasi program studi
sistem informasi mengadakan pameran hasil karya mahasiwa sistem informasi dan
mendapat sponsor dari microsoft indonesia. Pameran berjalan dengan baik,
sekaligus nama microsoft semakin baik karena membantu mahasiswa dalam
berinovasi, orang akan menghargai microsoft.
G.
Mencari dana
untuk kegiatan
Dana memberikan dampak besar terhadap organisasi.
Dana yang tidak cukup membuat organisasi berjalan mundur. Organisasi seperti
mahasiswa fakultas ilmu komputer bisa memperoleh dana dengan melakukan kegiatan
tertentu seperti menjual makanan di kampus atau memberikan proposal pada
fakultas
Kiat kiat mengatur Lembaga
Pendidikan menurut peraturan pemerintah RI nomor 17 tahun 2010 antara lain:
a. melaksanaan
pendidikan agama serta akhlak mulia;
b.
mengembangkan dan melaksanaan kurikulum berbasis kompetensi;
c. proses
pembelajaran yang mendidik dan dialogis;
d. evaluasi,
akreditasi, dan sertifikasi pendidikan yang memberdayakan;
e.
meningkatkan keprofesionalan pendidik dan tenaga kependidikan;
f. menyediakan
sarana belajar yang mendidik;
g. pembiayaan
pendidikan yang sesuai dengan prinsip pemerataan dan berkeadilan;
h.
menyelenggarakan pendidikan yang terbuka dan merata;
i. melaksanaan
wajib belajar;
j. melaksanaan
otonomi manajemen pendidikan;
k.
memberdayaan peran masyarakat;
l. pusat
pembudayaan dan pembangunan masyarakat; dan
m.
melaksanakan pengawasan dalam system pendidik
BAB III
KESIMPULAN
A.
Pengertian
orgnisasi dan lembaga pendidikan
Organisasi adalah sekumpulan
manusia yang memiliki tujuan dan menjadi wadah dalam mencapai tujuan tersebut,
serta dalam organisasi juga ada susunan keanggotaan agar semakin mudah dalam
mencapai tujuaan.
Lembaga pendidikan adalah suatu
badan yang bergerak dan bertanggubg jawab dalam penyelenggaraan pendidikan
antara pendidik dan pesera didik.
B.
Perlunya
organisasi dan lembaga pendidikan.
Organisasi dan lembaga
pendidikan sangat penting dalam kegiatan baik disekolah atau diluar, terutama
dalam proses pembelajaran. Hal ini karena dengan organisasi dapat mempermudah
dalam mencapai tujuan dan lembaga pendidikan yang berguna untuk membentuk dan
membina tingkah laku dalam proses pembelajaran.
C.
Peran organisasi dan lembaga pendidikan
Organisasi didirikan untuk
mencapai tujuan tertentu sedangkan lembaga pendidikan adalah wadah yang dapat
mendukung tercapainya tujuan organisasi terutama dalam bidang pendidkan.
Keduanga saling mempengatuhi satu sama lain
D.
Hal hal yang perlu diperhayikan dalam
organisasi dan lembaga pemdidkan.
Dalam organisasj hal yang
penting diperhatikan yaitu adanya pemimpin dan bawahan, adanya kerjasama dan
koordinasi, memiliki visi dan misi, pembagian tugas dan jelas, serta laporan
dari bawahan yg tersteuktur.
Dalam lembaga pendidikan hal
yang perlu diperhatkkan antara lain adanya proses belajar mengjar baik
disekolah masyarakat dan keluarga, pelaksanaan pendidikan yang sesuai dengan
jenjang pendidikan peserta didik, adanya bimbingan konseling dan membina
hubungan yang baik antara orang tua dan seklah.
E.
Kiat kiat mengatur organisasi dan lembaga
pendidikan yang baik.
Dalam organisasi ada beberapa
hal yang penting agar tercapai administrasi yang baik yaitu mengenal anggota
dan lingkungan organisasi, penyusunan nama organisasi, pembagian tugas yang
jelas, melaksanakan kegiatan yang sudah dirancang, memiliki hubingan uang baik
dengan pihak lain dan mampu memperoleh dana untuk pendanaan kegiatan. Sedangkan
lembaga pendidkan kiat kiat mengaturnya ada dalam peraturan pemerintah RI,
nomor 17 tahun 2010.
BAB IV
PENUTUP
Dengan adanya makalah ini diharapkan mahasiswa mampu
mengerti tentang organisasi dan lembaga pendidikan secara lebih mendalam.
Kami menyadari bahwa makalah ini masih banyak
lekurangan dan kelemahan, untuk itu kami mohon kepada pembaca untuk memberikan
kritik dan saran yang sifaynya membangun guna untuk evaluasi dan agar penulisan
makalah kedepannya lebih baik lagi.
BAB V
DAFTAR PUSTAKA
https://www.sepengetahuan.co.id/2015/03/pengertian-lembaga-pendidikan-menurut-para-ahli.html
https://dianagita.wordpress.com/2015/11/25/arti-penting-organisasi/
http://storyofalonelyguys.blogspot.com/2010/10/pentingnya-sebuah-organisasi.html
http://teguhpgmi.blogspot.com/2011/10/pengertianfungsi-dan-peranan-lembaga.html
https://amahabas.wordpress.com/diary/teori-organisasi-umum/tugas-1/method/
https://mardianamadong4.wordpress.com/2012/10/03/6/
https://dhani2009.wordpress.com/2011/01/01/beberapa-hal-yang-penting-dalam-organisasi/
http://widyagama.ac.id/r2012/wp-content/uploads/2014/12/pp-17-2010-PENGELOLAAN-DAN-PENYELENGGARAAN-PENDIDIKAN.pdf
Cepi Safruddin Abdul Jabar, dkk, Manajemen pendidikan, Yogyakarta:
UNY Press, 2016.
Peraturan Pemerintah RI Nomor
17 Tahun 2010 tentang lembaga pendidikan
Komentar
Posting Komentar