ORGANISASI dan LEMBAGA PENDIDIKAN DASAR-DASAR ADMINISTRASI

 



BAB I

PENDAHULUAN

A.    LATAR BELAKANG

Falsafah organisasi sebagai sekumpulan prinsip yang berfungsi sebagai pengarah serta sikap yang mendarah daging yang mampu mengkomunikasikan tujuan, rencana dan berbagai kebijakan serta prinsip yang tampak pada sikap, perilaku dan tindakan yang berlangsung di seluruh jenjang organisasi pengambil kebijakan pendidikan. (Dr. H. Syaiful Sagala, M.Pd., 2007:78)

Lembaga pendidkan adalah suatu wadah untuk membina manusia, membawa ke arah masa depan yang lebih baik. Setiap orang yang berada pada wadah tersebut akan mengalami perubahan dan perkembangan menurut warna dan corak institusi tersebut. Lembaga pendidikan yang dimaksud adalah lembaga keluarga, sekolah dan masyarakat yang memiliki peranan sangat strategis yang akan menjadi pusat-pusat kegiatan pendidikan untuk menumbuhkan dan mengembangkan potensi anak sebagai makhluk individu, sosial, susila dan religius. Dengan memperhatikan bahwa anak adalah individu yang berkembang, ia membutuhkan pertolongan dari orang yang telah dewasa, anak harus dapat berkembang secara bebas, tetapi terarah. Pendidikan harus dapat memberikan motivasi dalam mengaktifkan anak. ( Marlina Gazali )

B.     RUMUSAN MASALAH

Dari pembatasan masalah di atas maka penulis membuat rumusan masalah sebagai berikut :

 Apa itu organisasi dan lembaga pendidikan ?

2.      Mengapa perlu organisasi dan Lembaga Pendidikan?

3.      Bagaimana peran organisasi dan Lembaga Pendidikan?

4.      Apa hal-hal yang perlu diperhatikan dalam organisasi dan Lembaga Pendidikan?

5.      Bagaimana kiat-kiat untuk mengatur organisasi dan Lembaga Pendidikan sehingga proses administrasi dapat terlaksana dengan baik?

 

C.    MAKSUD DAN TUJUAN

Adapun tujuan pembuatan makalah ini adalah :

1.      Untuk mengetahui apa pengertian dari organisasi dan lembaga pendidikan.

2.      Untuk mengetahui mengapa perlu adanya organisasi dan Lembaga Pendidikan.

3.      Untuk mengetahui bagaimana peran organisasi dan Lembaga Pendidikan.

4.      Untuk mengetahui hal-hal yang perlu diperhatikan dalam organisasi dan Lembaga Pendidikan.

5.      Untuk mengetahui kiat-kiat mengatur organisasi dan Lembaga Pendidikan.

 

 

 

 

 

BAB II

PEMBAHASAN

A.    PENGERTIAN ORGANISASI DAN LEMBAGA PENDIDIKAN.

Organisasi dapat dikatakan sebagai alat untuk mencapai tujuan, oleh karna itu organisasi dapat dikatakan wadah kegiatan dari pada orang-orang yang bekerjasama dalam usahanya untuk mencapai tujuan. Di kegiatan itu orang-orang harus jelas tugas, wewenang dan tanggung jawabnya, hubungan dan tata kerjanya. Pengertian yang demikian disebut organisasi yang “statis”, karena sekedar hanya melihat dari strukturnya. Di samping itu terdapat pengertian organisasi yang bersifat “Dinamis". Pengertian ini organisasi dilihat dari pada sudut dinamikanya, aktivitas atau tindakan dari pada tata hubungan yang terjadi di dalam organisasi itu, baik yang bersifat formal maupun informal.

Waldo yang dikutip oleh Silalahi dalam bukunya “Studi tentang Ilmu Administrasi Konsep, Teori, dan Dimensi” (2003:124) menyatakan definisi organisasi adalah : “Organisasi adalah struktur hubungan-hubungan di antara orang-orang berdasarkan wewenang dan bersifat tetap dalam suatu sistem administrasi”.

Organisasi merupakan sistem yang saling berkaitan dalam kebulatan (Sutarto, 1998:40). Organisasi dalam pengertian lain dikemukakan oleh SB Hari Lubis (1987:1), bahwa terdapat kesamaan pengertian dari keseluruhan definisi organisasi yaitu pada dasarnya organisasi sebagai suatu kesatuan sosial dari sekelompok manusia yang saling berinteraksi menurut suatu pola tertentu sehingga setiap anggota organisasi memiliki fungsi dan tugasnya masing-masing, yang sebagai suatu kesatuan mempunyai tujuan tertentu dan mempunyai batas-batas yang jelas, sehingga dapat dipisahkan secara tegas dari lingkungannya. Organisasi dipandang pula sebagai satuan sosial yang dikoordinasi secara sadar, yang tersusun atas dua orang atau lebih, yang berfungsi atas dasar yang relatif terus- menerus untuk mencapai suatu tujuan atau seperangkat tujuan bersama (Robbins, 1996:5).

Lembaga Pendidikan merupakan suatu tempat atau wadah dimana proses pendidikan berlangsung yang dilaksanakan  dengan tujuan untuk mengubah tingkah laku seseorang ke arah yang lebih baik melalui interaksi dengan lingkungan sekitar serta wawasan dan pengetahuan yang diperoleh. Sehingga didalamnya memuat nilai nila yang akan disampaikan oleh pendidik demi mencapai suatu tujuan tertentu.

Drs. H. Abu Ahmadi & Dra. Nur Uhbiyati menjelaskan bahwa lembaga pendidikan merupakan suatu badan usaha yang bergerak & bertanggung jawab atas diselengarakannya pendidikan yang diijalankan oleh para pendidik dan peserta didik.

Hasbullah: Mengemukakan bahwa lembaga pendidikan merupakan wadah atau tempat berlangsungnya sebuah  proses pendidikan yang terdiri pendidikan keluarga, sekolah dan masyarakat.

Enung K. Rukiyati dkk: Lembaga pendidikan ialah tempat atau wadah dimana proses pendidikan berlangsung secara bersamaan dengan proses  kebudayaan.

 

 

B.       PERLUNYA ORGANISASI DAN LEMBAGA PENDIDIKAN

 Secara umum dapat di simpulkan bahwa organisasi adalah sekolompok orang yang saling berkerja sama untuk mencapai tujuan Bersama. Sehingga organisasi juga sebagai Lembaga sosial yang terdiri atas sekumpulan orang dengan berbagai pola interaksi namun memiliki tujuan yang sama yang telah ditentukan. Serta orang didalamnya dapat berperilaku dalam suatu strukutur organisasi. Organisasi adalah sekumpulan dari orang-orang yang memiliki satu tujuan tertentu. Karena  memiliki tujuan tertentu, maka organisasi juga mengatur orang-orang yang menjadi anggota dengan berbagai macam usaha dan kegiatan untuk mewujudkan tujuan tersebut. Dalam kehidupan sehari-hari, organisasi menjadi sebuah kebutuhan nyata bagi manusia. Manusia sebagai mahluk sosial tidak dapat berdiri sendiri untuk menjalankan kehidupannya. Kesehariaannya akan selalu bersinggungan dengan manusia yang lain. Persinggungan tersebut dapat menguntungkan (kerja sama) dan dapat pula merugikan (menghisap/menindas). Agar terjadi persatuan yang erat dari kelompok (golongan) manusia yang memiliki kepentingan (tujuan) yang sama, maka manusia tersebut harus membentuk organisasi sebagai wadah persatuan dan kekompakan. Organisasi yang akan mengatur (memimpin) usaha-usaha golongan tersebut agar terwujud tujuannya.

Lembaga Pendidikan secara umum berfungsi untuk membentuk dan membina bentuk-bentuk dengan tingkah laku tertentu dalam keadaan tertentu, maka lembaga-lembaga pendidikan menghendaki perlakuan tertentu pula.

 

 

C.      PERAN ORGANISASI DAN LEMBAGA PENDIDIKAN

Organisasi didirikan untuk mencapai suatu tujuan tertentu dan untuk mencapai tujuan tersebut dibutuhkan aktifitas, kerja sama, dan tentu saja orang yang melakukan aktifitas tersebut atau sumber daya manusia yang ketiga unsur ini terdapat dalam sebuah organisasi.

Sedangkan Lembaga Pendidikan berperan sebagai tempat atau wadah dimana orang-orang berkumpul, bekerjasama secara rasional dan sistematis, terencana, terorganisasi, terpimpin dan terkendali, dalam memanfaatkan sumber daya, sarana-parasarana, data, dan lain sebagainya yang digunakan secara efisien dan efektif untuk mencapai tujuan Pendidikan.

 

D.           HAL-HAL YANG PERLU DIPERHATIKAN DALAM ORGANISASI DAN LEMBAGA PENDIDIKAN

Ada beberapa hal penting yang perlu diperhatikan demi kelancaran jalannya sebuah organsisasi tersebut, antara lain:

1.    Sebuah organisasi harus memiliki pimpinan dan bawahan,

2.    Perlu adanya kerja sama dan koordinasi yang baik,

3.    Memiliki Visi dan Misi yang menjadi tujuan organisasi,

4.    Adanya pembagian tugas dengan baik pada para anggotanya,

5.    Memahami mekanisme proses pelaporan dari anggota paling bawah sampai kepada pimpinan yang paling atas. Dengan kata lain, anggota paling bawah tidak diperkenankan memberikan laporan langsung kepada peminpin organsiasi paling atas tetapi wajib melalui kepala bagian (coordinator) masing-masing bidang.

Apabila beberapa ketentuan di atas dapat dipahami dan dijalankan dengan baik, maka sebuah organisasi bidang apapun akan mampu menjalankan tanggung jawabnya dengan baik sehingga tujuan organisasi mampu dicapai secara maksimal.

Hal hal yang perlu diperhatikan dalam Lembaga Pendidikan:

1.         Melaksanakan kegiatan belajar-mengajar kepada peserta didik, baik di keluarga, sekolah, maupun lingkungannya.

2.         Melaksanakan kegiatan pendidikan sesuai dengan jenjang pendidikan dan kurikulum yang berlaku.

3.         Memberikan bimbingan konseling kepada para peserta didik.

4.        Membina kerjasama yang baik antara pihak sekolah dengan orang tua, serta masyarakat.

 

E.     KIAT-KIAT MENGATUR ORGANISASI DAN LEMBAGA PENDIDIKAN SEHINGGA DAPAT TERLAKSANA ADMINISTRASI DENGAN BAIK

kiat-kiat mengatur organisasi antara lain:

A.    Mengenali orang yang akan diajak berorganisasi dan lingkungan organisasi

Suatu organisasi tidak dapat disebut organisasi apabila didalamnya terdiri dari satu individu saja. Mengenali orang di sekitar kita penting, bagaimana kepribadiannya, apakah dia suka tantangan serta hal-hal yang baru. Selanjutnya, apakah orang tersebut suka bekerjasama dalam kelompok. Setiap orang memiliki pribadi yang berbeda-beda, ada yang suka bekerja sendiri, adapula yang suka bekerja dalam satu tim. Orang yang suka bekerjasama dalam satu tim dapat dimasukkan dalam daftar.

B.     Membuat nama organisasi

Nama menjadi hal yang sangat penting dalam sebuah organisasi. Memberikan nama pada sebuah organisasi gampang-susah, harus disesuaikan dengan tujuan organisasi.

C.     Menyusun kegiatan

Dalam hal ini, kegiatan apa saja yang akan dilakukan selama organisasi ini berjalan atau akan menjadi organisasi yang monoton. Penyusunan kegiatan dapat dikerjakan melalui rapat. Kegiatan jangan berbelit-belit, sesuai dengan arah dan tujuan organisasi.

D.    Membagi pekerjaan

Masing-masing anggota inti dalam organisasi memiliki pekerjaan berbeda-beda. Pekerjaan berbeda ini, selanjutnya digabung menjadi kesepahaman. Ketua dan sekretaris memiliki pekerjaan yang berbeda, kemudian menjadi gabungan yang saling terkait. Ketua dan sekretaris bekerjasama dalam pencatatan hasil rapat.

E.     Melaksanakan kegiatan

Ketika semua yang dibutuhkan telah terpenuhi, saatnya melaksanakan kegaitan. Misalnya, pertemuan pertama diadakan.

F.      Memiliki hubungan yang luas dengan pihak tertentu

Hubungan dengan pihak tertentu sangat penting demi kelancaran organisasi, pihak lain akan sangat membantu. Organisasi bekerjasama dengan pihak lain memiliki keuntungan yang sama. Misalnya, organisasi program studi sistem informasi mengadakan pameran hasil karya mahasiwa sistem informasi dan mendapat sponsor dari microsoft indonesia. Pameran berjalan dengan baik, sekaligus nama microsoft semakin baik karena membantu mahasiswa dalam berinovasi, orang akan menghargai microsoft.

G.    Mencari dana untuk kegiatan

Dana memberikan dampak besar terhadap organisasi. Dana yang tidak cukup membuat organisasi berjalan mundur. Organisasi seperti mahasiswa fakultas ilmu komputer bisa memperoleh dana dengan melakukan kegiatan tertentu seperti menjual makanan di kampus atau memberikan proposal pada fakultas

Kiat kiat mengatur Lembaga Pendidikan menurut peraturan pemerintah RI nomor 17 tahun 2010 antara lain:

a. melaksanaan pendidikan agama serta akhlak mulia;

b. mengembangkan dan melaksanaan kurikulum berbasis kompetensi;

c. proses pembelajaran yang mendidik dan dialogis;

d. evaluasi, akreditasi, dan sertifikasi pendidikan yang memberdayakan;

e. meningkatkan keprofesionalan pendidik dan tenaga kependidikan;

f. menyediakan sarana belajar yang mendidik;

g. pembiayaan pendidikan yang sesuai dengan prinsip pemerataan dan berkeadilan;

h. menyelenggarakan pendidikan yang terbuka dan merata;

i. melaksanaan wajib belajar;

j. melaksanaan otonomi manajemen pendidikan;

k. memberdayaan peran masyarakat;

l. pusat pembudayaan dan pembangunan masyarakat; dan

m. melaksanakan pengawasan dalam system pendidik

 

BAB III

KESIMPULAN

A.    Pengertian orgnisasi dan lembaga pendidikan

Organisasi adalah sekumpulan manusia yang memiliki tujuan dan menjadi wadah dalam mencapai tujuan tersebut, serta dalam organisasi juga ada susunan keanggotaan agar semakin mudah dalam mencapai tujuaan.

Lembaga pendidikan adalah suatu badan yang bergerak dan bertanggubg jawab dalam penyelenggaraan pendidikan antara pendidik dan pesera didik.

B.     Perlunya organisasi dan  lembaga pendidikan.

Organisasi dan lembaga pendidikan sangat penting dalam kegiatan baik disekolah atau diluar, terutama dalam proses pembelajaran. Hal ini karena dengan organisasi dapat mempermudah dalam mencapai tujuan dan lembaga pendidikan yang berguna untuk membentuk dan membina tingkah laku dalam proses pembelajaran.

C.      Peran organisasi dan lembaga pendidikan

Organisasi didirikan untuk mencapai tujuan tertentu sedangkan lembaga pendidikan adalah wadah yang dapat mendukung tercapainya tujuan organisasi terutama dalam bidang pendidkan. Keduanga saling mempengatuhi satu sama lain

D.     Hal hal yang perlu diperhayikan dalam organisasi dan lembaga pemdidkan.

Dalam organisasj hal yang penting diperhatikan yaitu adanya pemimpin dan bawahan, adanya kerjasama dan koordinasi, memiliki visi dan misi, pembagian tugas dan jelas, serta laporan dari bawahan yg tersteuktur.

Dalam lembaga pendidikan hal yang perlu diperhatkkan antara lain adanya proses belajar mengjar baik disekolah masyarakat dan keluarga, pelaksanaan pendidikan yang sesuai dengan jenjang pendidikan peserta didik, adanya bimbingan konseling dan membina hubungan yang baik antara orang tua dan seklah.

E.      Kiat kiat mengatur organisasi dan lembaga pendidikan yang baik.

Dalam organisasi ada beberapa hal yang penting agar tercapai administrasi yang baik yaitu mengenal anggota dan lingkungan organisasi, penyusunan nama organisasi, pembagian tugas yang jelas, melaksanakan kegiatan yang sudah dirancang, memiliki hubingan uang baik dengan pihak lain dan mampu memperoleh dana untuk pendanaan kegiatan. Sedangkan lembaga pendidkan kiat kiat mengaturnya ada dalam peraturan pemerintah RI, nomor 17 tahun 2010.

 

 

BAB IV

PENUTUP

Dengan adanya makalah ini diharapkan mahasiswa mampu mengerti tentang organisasi dan lembaga pendidikan secara lebih mendalam.

Kami menyadari bahwa makalah ini masih banyak lekurangan dan kelemahan, untuk itu kami mohon kepada pembaca untuk memberikan kritik dan saran yang sifaynya membangun guna untuk evaluasi dan agar penulisan makalah kedepannya lebih baik lagi.

 

BAB V

DAFTAR PUSTAKA

https://www.sepengetahuan.co.id/2015/03/pengertian-lembaga-pendidikan-menurut-para-ahli.html

https://dianagita.wordpress.com/2015/11/25/arti-penting-organisasi/

http://storyofalonelyguys.blogspot.com/2010/10/pentingnya-sebuah-organisasi.html

http://teguhpgmi.blogspot.com/2011/10/pengertianfungsi-dan-peranan-lembaga.html

https://amahabas.wordpress.com/diary/teori-organisasi-umum/tugas-1/method/

https://mardianamadong4.wordpress.com/2012/10/03/6/

https://dhani2009.wordpress.com/2011/01/01/beberapa-hal-yang-penting-dalam-organisasi/

http://widyagama.ac.id/r2012/wp-content/uploads/2014/12/pp-17-2010-PENGELOLAAN-DAN-PENYELENGGARAAN-PENDIDIKAN.pdf

https://ryanzzeka.wordpress.com/2014/11/20/hal-hal-penting-yang-dibutuhkan-untuk-membentuk-suatu-organisasi/comment-page-1/

Cepi Safruddin Abdul Jabar, dkk, Manajemen pendidikan, Yogyakarta: UNY Press, 2016.

Peraturan Pemerintah RI Nomor 17 Tahun 2010 tentang lembaga pendidikan

 

Komentar

Postingan Populer